Fenomena Film Hantu ala Indonesia

Fenomena Film Hantu ala Indonesia


Jakarta: Dalam tiga tahun terakhir perfilman nasional tak pernah sepi dari film-film berbau hantu. Kemunculan film jenis ini tidak lepas dari keinginan pasar. Tema-tema film horor mistik bagaimana pun mempunyai pasar tersendiri di Tanah Air.

Dalam kurun waktu singkat ini sedikitnya 30 judul film horor beredar di Tanah Air. Sebut saja Jelangkung, Hantu Jeruk Purut, Suster Ngesot, Pocong, Kuntilanak, Lantai 13, Di Sini Ada Setan, hingga Hantu Ambulans. Namun tema dan judulnya nyaris tidak ada yang baru, berkutat pada sumber cerita mistis yang hidup dan berkembang di masyarakat.

Bangkitnya lagi film-film horor nasional mengingatkan kembali pada masa kejayaan film-film anak negeri terutama yang bernuasa mistis di era 1980-an. Meski begitu, shot-shot film produksi sekarang jauh lebih menakjubkan dibanding film dulu. Misalnya saja dari sisi efek editing dan suara serta make-up yang mampu membawa suasana horor.

Bicara soal film horor era 1980-an, maka tidak bisa lepas dari nama Suzzanna. Hampir seluruh perjalanan hidupnya seolah tercurah khususnya dalam film horor. Bahkan belum ada lagi tokoh bintang sekelas Almarhumah yang menjadi ikon film horor nasional hingga kini.

~ by asiaaudiovisualra09yogapratomo69 on June 30, 2009.

Leave a comment